KHASIAT DAN MANFAAT DAUN UBI/SINGKONG Bagi Manusia

KHASIAT DAN MANFAAT DAUN UBI/SINGKONG Bagi kesehatan-Hai sahabat petani, siapa sih yang tidak kenal singkong atau ubi kayu? Hem.. pasti semuanya pada tahu kan? Jika tidak tahu, itu lo sahabat, singkong adalah tanaman sejenis umbi-umbian yang biasanya banyak dibudidayakan oleh petani di Indonesia. Mungkin jika Anda belum jelas, silahkan lihat gambar singkong di bawah ini.

manfaat daun singkong
Pohon singkong

Buah singkong
Nah, bicara tentang ubi kayu atau singkong, tahukah Anda bahwa ternyata daun singkong memiliki seribu khasiat dan manfaat bagi tubuh kita. Tentu, manfaatnya adalah tentang kesehatan tubuh kita yang pastinya sangat memerlukan yang namanya kesehatan.

Terus apa semua sih khasiat dan manfaat dari daun ubi kayu ini? Yuk kita baca di bawah ini.

1. Untuk mengatasi stroke

Manfaat daun singkong yang pertama adalah bisa digunakan untuk mengatasi penyakit stroke. Pasti Anda sering mendengar kan, bahwa penyakit stroke sangat berbahaya dan sering memakan korbannya?

Nah, oleh karena itulah berdasarkan pendapat para ilmuan, daun singkong dapat mengobati penyakit berbahaya ini. Itu dikarenakan daun ubi merupakan jenis dedaunan atau sayuran yang mengandung banyak isoflavon. Isoflavon inilah yang dimanfaatan sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit stroke.

2. Daun singkong sebagai obat yang menyehatkan mata

Manfaat daun singkong yang kedua adalah daun ubi kayu dapat dijadikan obat yang menyehatkan mata kita. Sebab, daun singkong mengandung banyak vitamin A yang terbukti ampuh dapat menyehatkan mata.

Nah, cara menggunakannya adalah Anda hanya diminta untuk mengkonsumsi sayur ini secara rutin, paling tidak seminggu dua atau tiga kali lah. Itu dimaksudkan agar asupan Vitamin A di dalam tubuh Anda dapat tercukupi, dan membuat mata Anda terjaga dari berbagai penyakit yang dapat merusaknya.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Khasiat daun singkong selanjutnya adalah dapat digunakan untuk meningkatkan daya tubuh kita. Itu karena daun singkong mengandung Vitamin C yang banyak, dan sangat diperlukan bagi tubuh. Jika asupan Vitamin C di dalam tubuh terpenuhi setiap harinya, maka kekebalan tubuh Anda semakin meningkat.

Jika kekebalan tubuh Anda meningkat, maka itu merupakan sesuatu yang sangat baik, di mana sistem imun secara otomatis akan membuat pertahanan di dalam tubuh Anda untuk menangkal berbagai serangan penyakit dan virus ringan yang menyebabkan Anda sakit.

4. Untuk obat sakit kepala

 Khasiat dan manfaat daun singkong yang keempat adalah dapat dijadikan obat anti sakit kepala. Mudah saja, Anda tinggal tinggal merebusnya, kemudian mengkonsumsinya begitu saja tanpa mengolahnya terlebih dahulu menjadi sayur yang bersantan. Sebab, santan terkadang membuat orang menjadi pusing setelah mengkonsumsinya.

Oleh karena itu, daun singkong rebus cocok menjadi santapan bagi Anda yang sering mengalami sakit kepala. So biasakan mengkonsumsinya secara rutin beberapa kali dalam seminggu.

5. Sebagai obat untuk menyembuhkan luka

Daun singkong, juga dapat dijadikan obat untuk menyembuhkan luka di tubuh kita. Mengapa bisa? Karena daun singkong merupakan daun yang kaya atau banyak mengandung zat besi. Berdasarkan penelitian, zat besi sangat bermanfaat sebagai zat yang mampu mempercepat pengeringan luka.

Selain itu, daun singkong ini juga dapat meminimalisir terbentuknya bekas luka di tubuh kita. Pasti Anda sering terganggu dengan bekas luka di bagian tubuh Anda kan? Yuk mulai sekarang rajinlah mengkonsumsi sayur yang satu ini.

6. Anti osteoporosis

Saya jelaskan sedikit bahwa penyakit osteoporosis adalah penyakit yang menyerang tulang, atau bisa dikatakan sebagai penyakit pengeroposan tulang. Jika tulang Anda keropos, sangat sulit bagi Anda untuk melakukan aktifitas normal seperti orang lainnya.

Nah, hal itu dapat dicegah dengan sering mengkonsumsi daun singkong. Sebab, kandungan fosfor dan kalsium yang terdapat di daun ubi kayu ini, dapat difungsikan sebagai zat yang mampu menyehatkan tulang Anda. Jika tulang Anda kuat, aktifitas Anda pun menjadi lancar.

7. Mencegah proses penuaan

Manfaat daun singkong yang mungkin cukup menarik adalah dapat mencegah proses penuaan. Siapa sih yang mau terlihat cepat tua? Hampir semua orang pastinya menginginkan agar dirinya terlihat awet muda.

Nah, beberapa sumber mengatakan bahwa dengan mengkonsumsi daun singkong, dapat meminimalisir proses penuaan pada kita.

Dari banyaknya kegunaan daun singkong ini, sudah jelas bahwa kita wajib menjadikannya sebagai hidangan yang harus ada setiap minggunya. Selain raasanya yang enak, harganya pun sangat terjangkau.

Demikian khasiat dan manfaat daun singkong untuk kesehaan tubuh kita, semoga bermanfaat bagi Anda...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KHASIAT DAN MANFAAT DAUN UBI/SINGKONG Bagi Manusia"

Post a Comment

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan)