Kapan Waktu Yang Baik Untuk Menanam Jagung?

Hai sahabat petani, kira-kira kapankah waktu yang baik untuk menanam jagung? Nah, tentunya pertanyaan ini akan sering ditanyakan oleh orang-orang yang belum pernah menanam jagung sebelumnya. Untuk itu, Insya Allah berdasarkan sedikit pengalaman saya, maka saya akan berbagi tentang hal ini.


Baiklah, waktu yang baik untuk menanam jagung adalah ketika berada pada musim penghujan, atau jika diprediksi dari bulan Oktober sampai bulan maret setiap tahunnya. Mengapa pada musim penghujan? Sebab, pada musim ini curah hujan cukup banyak, sehingga kebutuhan jagung akan air selalu tercukupi setiap harinya.

Di musim hujan, tanah yang sebelumnya kering disulap menjadi basah, gembur dan tentunya lebih subur. Oleh karena itulah, di musim ini jagung lebih mudah tumbuh, berkembang dan juga lebih subur dibanding saat menanam pada musim kemarau. Dan yang tak kalah penting lagi, saat jagung mendapatkan banyak air maka buahnya pun akan menjadi besar dan berkualitas.


Saat tanah selalu basah, pupuk yang diberikan untuk jagung pun akan mudah terserap oleh tanah. Jika begitu, akan mudah pula bagi jagung untuk menyerap pupuk yang diberikan. Nah, dengan demikian maka jagung pun akan menjadi lebih subur lagi, akibat penyerapan pupuk yang optimal.

Keuntungan lain bagi petani adalah, saat musim hujan mereka tidak perlu melakukan penyiraman terhadap jagung-jagung mereka. Ya, benar sekali, bahwa secara alami, hujan telah memenuhi kebutuhan air terhadap jagung. Beda halnya ketika kemarau, petani harus susah-payah untuk menyirami tanaman jagungnya.

Kalau kita menanam di tempat yang dekat dengan sumber air, itu tidak masalah. Sebab kita bisa menyiraminya dengan cara manual, atau pun menggunakan mesin penyedot air yang mengambil air dari sumber air terdekat. Tapi, yang jadi kendala adalah ketika kita menanam jagung di tempat yang sulit air, maka ini adalah salah satu ujian petani yang harus dihadapi.

Ya, memang harus diakui bahwa kemarau merupakan salah satu kendala petani untuk bercocok tanam. Tapi, meskipun begitu jangan sampai Anda menyerah begitu saja untuk menanam jagung. Sebab, pasti akan selalu ada cara untuk menyirami jagung kita di musim kemarau. Apakah dengan cara manual, modern, atau menunggu hujan turun dari Sang Pencipta. 

Baiklah, demikian tulisan saya tentang kapan waktu yang baik untuk menanam jagung? Semoga bermanfaat. Jika ada kekurangan, mohon ditambahkan melalui komentar. Terima kasih telah berkunjung...YA... :)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kapan Waktu Yang Baik Untuk Menanam Jagung?"

Post a Comment

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan)