Memanfaatkan Pot Bunga Untuk Menanam Berbagai Tanaman

Mari memanfaatkan pot bunga untuk menanam berbagai tanaman. Itu adalah kalimat ajakan pertama saya, di pagi hari yang mendung ini. Setidaknya saat saya menulis artikel ini, pagi ini sangat mendung.

Mengapa saya mengajak Anda untuk memanfaatkan pot bunga? Iya, bagi saya jika pot bunga tidak ditanami bunga lagi, alangkah baiknya jika dimanfaatkan untuk menanam tanaman lainnya. Misalnya, melakukan pembibitan sayur, menanam tomat, menanam cabai dan masih banyak lagi.

Malahan untuk menanam tanaman tersebut tidak musti harus menunggu pot kosong terlebih dahulu. Bahkan saat masih ada bunganya pun, kita bisa memanfaatkan area kosong di samping-samping bunga untuk ditanami tanaman lainnya.

Bagusnya, ketika rumah Anda tidak memiliki pekarangan yang luas  untuk bertani, maka pot bunga adalah salah satu solusi untuk menanam sayuran di rumah Anda. Lihatlah gambar berikut.




Pada gambar pertama tersebut, saya memanfaatkan pot bunga di depan rumah untuk menanam cabai. Dan gambar kedua, pot bunga yang sama saya gunakan untuk menyemai biji terong, atau membuat bibit terong di sana. Bahkan pot bunga tersebut sebelumnya juga pernah saya tanami tomat.

Ya memang, untuk masalah hasil tidak seberapa. Kan pot ukurannya sangat kecil jadi hasilnya tidak bisa sebanyak jika kita menanam sayuran di ladang. Tapi, dari pada pot tidak terpakai, alangkah baiknya jika kita gunakan dan kemudian menghasilkan.

Paling tidak, apa yang kita hasilkan bisa kita gunakan sendiri. Misalnya saja, kita menanam lombok atau tomat di pot. Nah, dengan demikian maka hasilnya kan bisa kita petik sendiri dan kita manfaatkan sebagai bumbu dapur.

Coba jika pot bunga hanya Anda biarkan begitu saja, pasti tidak akan menghasilkan bukan?

Menanam berbagai tanaman seperti sayur di pot bunga, jauh lebih menguntungkan dibanding hanya menanam bunga saja. Sebab jika tomat misalnya telah berbuah, maka buahnya juga tidak kalah indahnya dengan bunga. Dan tentu, keuntungannya buahnya juga sangat bermanfaat. Benar kan?

Dengan begitu, kita bisa menjadi lebih hemat lagi. Sebab kita tidak perlu membeli cabai atau tomat lagi di penjual sayur. Itu hanya contoh lo ya. Dan kabar baiknya, apa yang kita hasilkan dari tanaman sendiri tentunya lebih sehat. Sebab tidak perlu diberi sentuhan pestisida yang bisa mengganggu kesehatan kita.

Oke, pesan terakhir dari saya adalah manfaatkan pot di rumah Anda untuk menanam berbagai tanaman yang bermanfaat. Demikian tulisan singkat ini, semoga bisa memberi manfaat.. 

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Memanfaatkan Pot Bunga Untuk Menanam Berbagai Tanaman"

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan)