Bunga Pertama Buah Naga Saya

Alhamdulillah, Tidak terasa sudah 10 bulan usia buah naga saya sejak pertama kali ditanam September 2017 lalu. 

Di usia yang sudah lumayan tua ini, hari ini, 4 Juli 2018 sudah ada bunga pertama yang mulai mekar. Lihat deh.. :)


Bukan hanya bunga pertama, ini juga menjadi bunga satu-satunya yang baru muncul hehe..

Sebenarnya kalau dilihat dari usianya, seharusnya buah naga saya ini sudah mulai berbuah semuanya. Karena kalau dirawat dengan baik umur 7 bulan saja buah naga sudah bisa panen.

Bahkan punya orang lain saja yang ditanam belakangan sudah duluan panen dibanding buah naga saya. Weleh,,

Kenapa buah naga saya lambat berbuah?

Karena sejak awal saya salah dalam tehnik menanam. Selain itu, saya kurang merawatnya dengan baik. Harusnya dipupuk rutin 15 hari sekali, saya malah jarang-jarang memupuknya.. sampai berbulan-bulan baru dipupuk lagi.

Rumputnya pun yang seharusnya dibersihkan rutin, ini  malah saya biarkan mengotori di sekitaran buah naga. 

Yang namanya rumput itu kan gulma pengganggu. Kalau mengotori buah naga efeknya akan sangat luar biasa dalam mempengaruhi pertumbuhan buah naga itu sendiri.

Selain dia akan menjalar dan menutupi buah naga dari sinar matahari, rumput juga merampok pupuk yan seharusnya diserap oleh buah naga. 

Sehingga akibatnya pun buah naga saya menjadi lambat pertumbuhannya, dan lambat pula berbuahnya.

Tapi Alhamdulillahm, setelah beberapa bulan terakhir ini saya pupukrutin dan saya bersihkan rumputnya, sekarang mulai menunjukkan sinyal positif.

Cabangnya sudah mulai menjalar, dan bahkan sudah ada yang berbunga kan? Lihat videonya juga boleh..


Mudah-mudahan dengan munculnya bunga pertama buah naga ini akan menulari pohon-pohon buah naga lainnya untuk berbuah juga. Aamin..

Tips singkat Menanam Buah Naga

1. Piliha bibit yang terbaik, tidak terlalu tua, tidak terlalu muda
2. Tiang harus kuat, baik kayu hidup, atau kayu mati, atau semen
3. Dipupuk rutin 15 hari sekali menggunakan pupuk urea atau ZA, dengan porsi 1 sendok makan per batang buah naga. Tambahkan juga pupuk NPK supaya lebih jos, dengan porsi 1 genggam orang dewasa  per batang buah naganya.
4. Rajin dibersihkan rumputnya. Baik disemprot atau disabit
5. Kalau sudah bercabang banyak, pancing dengan pupuk mutiara dan disemprot pakai Gandasil per4ngsang buah

Mudah-mudahan kedepan saya bisa menuliskan tips yang lebih komplit dan berbobot ya hehe..

Ya sudah, sobat petani, mungkin cuma ini saja curhat saya kali ini semoga ada manfaatnya :)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bunga Pertama Buah Naga Saya"

Post a Comment

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan)