Cara Penyerbukan Manual Bunga Buah Naga

Hai sobat petani, supaya buah naga yang kita tanam buahnya menjadi besar-besar, maka salah satu trik atau cara yang bisa kita terapkan adalah dengan melakukan penyerbukan pada bunganya saat mekar. Penyerbukan, bisa dikatakan juga mengawinkan bunganya.

Biasanya kan kalau tanaman jagung atau yang lainnya penyerbukannya bisa secara alami dengan bantuan serangga dan angin. Itu karena posisi kelamin jantannya berada di atas, sedangkan kelamin betina bungannya ada di bawah. Seperti contohnya pada jagung.

Tapi beda halnya dengan bunga buah naga. Posisi kelamin jantannya masuk ke dalam, sedangkan  betinanya menjorok keluar. Sehingga agak susah kalau penyerbukannya lewat jalur alami oleh angin dan serangga.

Nah, oleh karena itulah, diperlukan campur tangan kita untuk melakukannya supaya buah naga yang susah payah kita tanam hasilnya jadi jos...


Waktu Yang Tepat Untuk Mengawinkan Bunga Buah Naga


Sekedar informasi, bunga buah naga hanya mekar dalam waktu satu malam, dan kemudian akan tertutup dan menjadi layu saat matahari mulai panas, atau sekitar jam 10 pagi. Jadi usahakan kawinkan bunga buah naga di awal iya mekar, sampai ia sebelum menutup kembali. Sebab kalau sudah mulai menutup, maka bunga buah naga tidak bisa dikawinkan lagi.

Oleh karena itu, waktu yang tepat untuk mengawinkannya adalah saat bunga buah naga mulai mekar (sore hari), kemudian malam hari (sebelum Anda mengantuk), dan subuh sekitar jam 4 sampai selesai. Itu kalau Anda bisa bangun cepat ya hehe..

Kita harus segera mengawinkannya, kalau jumlah buah naga yang kita tanam jumlahnya sangat banyak, misalnya sampai di atas 200 tiang.

Pupuk Buah naga untuk mencegar kerontokan, meningkatkan penghasilan. Klik Di sini

Sebab kalau tidak segera dikawinkan, maka dikwawatirkan akan banyak bunga yang tidak dikawinkan karena sudah menjadi layu.

Tapi kalau buah naga yang kita tanam cuma berjumlah puluhan pohon, ya tidak masalah agak santai sedikit.


Cara Mengawinkan Bunga Buah Naga


Untuk melakukan penyerbukan atau mengawinkan bunga buah naga, caranya sangat mudah. Kita tinggal mengambil serbuk sari pada kelamin jantan bunganya, dan kemudian menaruhkan ke kelamin betinanya. Perhatikan gambar berikut




Untuk lebih jelasnya, Anda juga bisa melihat video berikut ini..



Sobat petani, ada juga sebagian orang yang mengawinkan bunga buah naga menggunakan kuas, kemudian serbuk sari jantannya dikuas-kuas dan ditampung di alat (semacam sendok nasi), kemudian serbuk sari itu dituangkan ke dalam kelamin betinanya. Setelah itu bunganya ditutup menggunakan plastik. Mungkin supaya  serbuk sari tadi tidak terkena hujan...

Itu bagus sih,,,

Tapi menurut saya agak kurang efisien kalau Buah naga yang kita tanam banyak sekali. Sebab akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengawinkannya.

Ya, tapi semuanya kembali kepada Anda. Mau ikut cara yang mana. Yang penting Anda bisa menjalaninya, maka pakailah cara manapun Insya Allah hasilnya bakalan baik..

Baca juga: Cara budidaya buah naga part 1

Nah, saya rasa artikel ini sudah sampai pada tahap akhir. Demikian tutorial tentang cara mengwinkan bunga buah naga, semoga bisa memberi manfaat untuk Anda. Terima kasih... :)

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Cara Penyerbukan Manual Bunga Buah Naga"

  1. Woow dangat membantu .mantap. boleh saya share link ini

    ReplyDelete
  2. Woow dangat membantu .mantap. boleh saya share link ini

    ReplyDelete

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan)