Keuntungan Menjadi Seorang Petani

Keuntungan menjadi seorang petani=> Di setiap pekerjaan, baik itu di darat, di air mau pun di udara, pastilah memiliki yang namanya keuntungan. Keuntungan di sini bisa berupa materi, kesehatan, kepuasan, kebebasan, dan lain-lain selagi keuntungan itu bermanfaat bagi kita.

Tanpa adanya keuntungan, mustahil manusia sanggup bertahan dengan pekerjaan yang dimiliki, apalagi itu merupakan pekerjaan utamanya. Ya, memang benar, keuntunganlah yang di cari dari sebuah pekerjaan, dan dengan adanya keuntunganlah, bisa membuat kita mencintai pekerjaan tersebut.

Sama halnya dengan bertani, pekerjaan yang di miliki oleh mayoritas penduduk kampung ini juga memiliki berbagai keuntungan, yang tentunya cukup bagus untuk di simak. Apa semua kelebihan, manfaat dan keuntungannya? simak di bawah ini.

Keuntungan dan kelebihan menjadi seorang petani

1. Tidak Terikat Oleh Siapa Pun

Bekerja bebas tanpa terikat, adalah impian semua orang. Nah, dengan menjadi seorang petani, Anda bekerja tanpa ikatan apa pun, dan tanpa perintah dari siapapun. Anda bebas menentukan jam berapa mulai bekerja, jam berapa istirahat, dan jam berapa Anda harus menghentikan pekerjaan Anda. Bagusnya lagi, Anda bebas untuk menentukan, apakah hari ini bekerja atau tidak, dan seterusnya.

Anda juga bisa refreshing kapan pun, dan meninggalkan sementara pekerjaan Anda, tanpa perasaan cemas memikirkan tugas dari pimpinan Anda. Bahkan, ketika Anda sakit atau tidak bekerja dalam waktu yang cukup lama, tidak ada yang akan memecat Anda bukan?

2. Bebas Memilih Seragam

Dengan berbagai alasan, banyak yang tidak menyukai baju seragam, dan lebih memilih untuk bebas. Satu lagi keuntungan menjadi petani, Anda bebas untuk menentukan model, warna, serta corak baju sesuai yang Anda inginkan.

Anda bebas memilih baju apa yang di pakai kerja hari ini, esok dan seterusnya. Bahkan, Anda juga boleh tidak memakai baju di badan, saat sedang bekerja. Tapi ingat, celananya harus di pakai ya.. he he he..

3. Bebas Menentukan Apa Yang Ingin Dikerjakan

Di dalam bertani, banyak sekali pekerjaan yang harus dilakukan. Tidak hanya menanam, kemudian memanennya. Akan tetapi, kegiatan lainnya yang membutuhkan waktu dan tenaga, masih segudang lagi macamnya.
Tapi tenang, Anda bebas menentukan pekerjaan apa yang akan Anda kerjakan. Apakah hari ini mau mencangkul, menyiangi rumput, atau yang lain-lainnya. Yang terpenting ialah, ikuti kemauan Anda.

4. Bisa Hidup Lebih Sehat

Saya yakin, orang yang bekerja dengan olah fisik setiap hari, akan lebih sehat dibanding mereka mereka yang kerjanya hanya duduk-duduk. Logikanya kalori dan lemak akan terbakar, sehingga membuat tubuh tetap ideal. Keringat juga akan keluar, racun terbuang bersama keringat, dan aliran darah pun menjadi lancar.

Kelebihan bekerja di kebun, setiap hari kita akan menghirup udara yang masih bersih, kaya oksigen, dan belum tercemar oleh polusi.
Belum lagi ditambah paparan sinar mentari pagi yang mengandung vitamin D, yang tentunya turut memberi asupan vitamin bagi Anda. Bandingkan dengan orang yang kerjanya di keramaian, penuh kesesakan dan polusi. Tentu lebih sehat jika kerja di kebun bukan? Tapi, tetap saja, harus dibarengi dengan pola hidup sehat.

5. Bebas menentukan Tanaman Yang akan di budidaya


Sebagai petani yang mandiri, Anda bebas memilih tanaman apa yang cocok untuk di tanam di ladang Anda. Mungkin tanaman yang Anda rasa bagus, yang hasilnya juga bagus, kemudian perawatannya juga tidak terlalu sulit.


Tentunya ini merupakan nilai plus bagi Anda, di mana Anda bisa menyesuaikan apa yang akan Anda tanam, dengan kemampuan Anda untuk mengelola dan merawat tanaman tersebut. Sehingga, tidak membuat Anda pusing di kemudian hari.


6. Bisa Sambil Membuka Usaha Sampingan


Kebebasan waktu yang dimiliki oleh petani, membuat banyak sekali waktu luang yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain. Salah satunya adalah dengan membuka usaha sampingan, yang tentunya dapat menambah pundi-pundi penghasilan Anda.


Usaha sampingannya misalnya : beternak, membuka kios, ngojek, dan masih banyak pekerjaan sampingan lainnya yang bisa disandingkan dengan bertani.


7. Memiliki Kepuasan Tersendiri 


Harus saya akui, ketika saya masih menjadi teknisi komputer, saya juga memiliki kepuasan tersendiri, saat berhasil menyelesaikan sebuah pekerjaan. Namun, itu belum seberapa dibanding saat saya kembali menjadi petani.


Kepuasan saat menjadi petani sangat besar menurut saya, yaitu ketika melihat tanaman-tanaman yang mulai tumbuh, yang subur, yang segar-segar, buah-buahan yang mulai memunculkan buahnya, hingga menghasilkan uang dari hasil bertani tersebut.

Meski pun kecil hasilnya, namun kepuasannya tidak bisa di ungkap hanya dengan kata. Terlebih, ini benar-benar merupakan hasil keringat jerih payah, dan karya sendiri.


Penutup


Para pembaca, demikian tulisan saya tentang keuntungan menjadi seorang petani. Semoga dapat memberikan manfaat kepada Anda, dan dapat membantu Anda untuk memulai bertani. Jadi bagaimana? sudah siap bertani?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Keuntungan Menjadi Seorang Petani"

Post a Comment

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan)