Khasiat Dan Manfaat Sayur Bayam Bagi Kesehatan

Khasiat dan manfaat sayur bayam=> Pasti Anda menyukai sayur bayam. Ya.. karena rasanya yang enak, segar dan pastinya membuat makan semakin lahap. Maunya tambah, dan tambah lagi.

Selain rasanya yang enak, bayam sangat mudah dijumpai di mana-mana. Di pasar, di swalayan, dan di tempat-tempat penjualan sayur dimanapun itu. Harganya pun sangat terjangkau, dan bahkan bisa jadi lebih murah dibanding beberapa sayuran yang lainnya.

manfaat bayam

Namun siapa sangka di balik harganya yang murah itu ternyata terkandung manfaat dan khasiat yang besar bagi kesehatan tubuh. Tentunya ini merupakan hal yang sangat menguntungkan bagi Anda, bisa mendapatkan sesuatu yang bernilai besar dengan biaya yang murah. Nah, apa semua manfaat bayam bagi tubuh? Silahkan dibaca lebih lanjut.

Jadi, bayam adalah jenis sayuran yang kaya akan zat besi. Perlu Anda ketahui, bahwa zat besi sangat diperlukan oleh tubuh manusia untuk membentuk sel-sel darah merah yang dapat mencegah penyakit anemia atau kurang darah.

Bukan hanya itu, bayam juga diketahui mampu menurunkan gula darah, kolesterol, tekanan darah tinggi dan dapat melancarkan peredaran darah. Bahkan dengan mengkonsumsi sayur bayam, berarti Anda dapat mengurangi resiko terkena diabetes, kanker usus dan gagal ginjal.

Namun perlu diingat bahwa untuk penderita reumatik, asam urat dan nyeri sendi tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi sayur bayam dengan jumlah berlebihan.

Penting untuk Anda ketahui lagi, bahwa sayur bayam jangan disajikan lagi setelah melebihi waktu 6 jam dari awal memasaknya. Sebab, senyawa nitrat di dalam bayam akan teroksidasi dan berubah menjadi senyawa nitrit. Nah, bila senyawa nitrit ini bereaksi dengan hemoglobin atau sel darah merah, maka akan menyebabkan darah kekurangan oksigen karena sel darah merah tidak bisa mengikat oksigen disebabkan senyawa nitrit yang bersifat racun.

Meskipun ada pantangan dan bahayanya, tapi tetap saja bahwa konsumsi sayur bayam sangat dianjurkan oleh pakar kesehatan, sebagai asupan zat besi bagi tubuh. Bahkan jika Anda sebelumnya tidak menyukai sayur ini, mulai sekarang rubahlah itu dan cobalah untuk mengkonsumsi bayam dengan hidangan sesuai selera Anda.

Dengan mengetahui manfaat dan kegunaan sayur bayam untuk kesehatan tubuh, maka jangan ragu-ragu lagi untuk menjadikan sayur ini sebagai daftar sayuran yang perlu ada di meja makan Anda. Itu semua demi kesehatan Anda, dan keluarga Anda tentunya.

Baiklah, saya rasa cukup sekian dulu tulisan saya tentang khasiat dan manfaat sayur bayam bagi kesehatan. Mohon ditambahkan melalui komentar jika ada kekurangan, atau dibenarkan jika ada yang salah. Terima kasih..

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Khasiat Dan Manfaat Sayur Bayam Bagi Kesehatan"

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan)