Biasakan Membuat Benih Tanaman Sendiri Dan Menyimpannya

Hai sahabat petani, sebagai seorang petani yang menanam berbagai sayuran, kita harus membiasakan untuk membuat sendiri benih dari berbagai sayuran tersebut. Sebab, yang namanya benih itu pasti diperlukan oleh petani kapan pun itu, untuk membuat bibit dan memperbarui tanaman yang telah tidak produktif lagi.

Keuntungan pertama membuat benih sendiri adalah, tentu kita bisa lebih menghemat lagi. Kita tidak perlu membelinya, karena kita bisa memperoleh benih tersebut dari sayur-mayur yang kita tanam sendiri. Sebagai contoh, kita menanam terong misalnya. Ya kita tinggal membiarkan buah dari terong tersebut menjadi tua, dan kemudian mengambil bijinya.

Setelah biji-bijian kita peroleh, kita bisa menyimpannya di tempat yang aman dan membungkusnya berdasarkan jenis benihnya masing-masing. Mungkin, kita juga bisa memberinya kode tulisan untuk membedakan berbagai jenis benih. Misalnya benih terong ya kita masukkan di dalam plastik tersendiri dan kita beri kode "terong". Begitu juga dengan benih koro, gambas dan sayuran lainnya.



Keuntungan membuat benih sendiri yang selanjutnya adalah, jika benih tersebut telah kita simpan, maka sewaktu-waktu kita bisa menggunakannya jika perlu. Kan kita telah memiliki berbagai benih, jadi tidak perlu lagi pusing jika seandainya terjadi kekosongan benih, dari sayur tertentu di toko pertanian.

Bahkan, saat terjadi kelangkaan benih sayuran tertentu di daerah kita, maka kita masih memiliki cadangan benih yang bisa digunakan untuk untuk mengatasi kelangkaan itu. Misalnya saja banyak petani yang tidak mempunyai benih sayur koro. Nah, kita bisa menanamnya sendiri, dan memperbanyak tanaman koro kita.

Di sinilah keuntungannya bagi kita, untuk menanam koro dari benih yang kita buat tadi. Sebab jika hanya kita yang menanamnya, otomatis koro kita akan laris terjual akibat kurangnya saingan. Benar bukan?

Keuntungan membuat benih sendiri yang selanjutnya adalah kita bisa mendapatkan uang. Ya, benar sekali dan itu bukan mustahil. Sebab jika banyak benih yang kita buat, maka kita bisa menjualnya kepada orang lain. Bukan hanya itu, tetapi benih yang kita semaikan pun bibitnya juga bisa kita uangkan.

Banyak kok petani di Desa saya yang mendapatkan uang dari hasil menjual bibit buatan sendiri. Jadi, bagi Anda yang ingin mencobanya maka jangan ragu-ragu. Tapi, sebelumnya biasakan dulu belajar membuat benih tanaman sendiri sejak dini, agar di kemudian hari kita tidak repot jika ingin membuat bibit untuk dijual.

Saya rasa, belajar membuat benih adalah sebuah keharusan jika kita menjadi seorang petani. Dan menurut saya, itu adalah ilmu dasar pokok yang harus dikuasai oleh petani. Jika dasarnya mengerti, saya yakin akan mudah untuk menguasai ilmu-ilmu selanjutnya seperti pembibitan, penanaman dan budidaya bermacam sayuran.

Nah sahabat, saya rasa cukup sekian tulisan saya tentang "membuat benih tanaman sendiri", semoga bermanfaat bagi Anda. Jika berkenan mohon ditambahkan demi perbaikan artikel ini. Terima kasih...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Biasakan Membuat Benih Tanaman Sendiri Dan Menyimpannya"

Post a Comment

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan)