Pisang Barlin Sangat Jarang Terserang Hama/penyakit

Hai sahabat petani, pisang adalah buah yang mudah dibudidayakan. Anda hanya perlu memindahkan tunas muda dari pisang, kemudian menanamnya, merawatnya dengan membersihkan rumput disekitarnya, dan setelah itu tinggal menunggu hasilnya. Tanpa perlu disemprot pestisida, pisang bisa berbuah dengan baik.

Namun, ternyata tidak semua jenis pisang yang bisa berbuah, selalu aman dari hama atau penyakit. Dan sebagian jenis pisang akan terserang hama, hingga pohon-pohonya mati ataupun buahnya menjadi rusak. Jika telah terserang penyakit yang saya sebut porongen, maka anak-anak pisang yang baru tumbuh pun juga akan terserang hama ini.

 

Pisang porongen sumber gamber : kembangpete.com
Nah, dari banyaknya jenis pisang yang mudah terserang hama, ada satu jenis pisang yang hampir bisa dibilang jarang sekali berpenyakit. Pisang tersebut adalah pisang barlin namanya. Pohonnya kecil-kecil, begitu pun dengan buahnya yang juga kecil-kecil. Ketika mentahnya berwarna hijau muda, dan ketika matang buahnya menjadi kuning.
 


Perlu Anda ketahui bahwa saya belum pernah mendapatkan penyakit pada pisang barlin ini. Baik penyakit yang menyerang pohon, atau yang merusak buahnya (kecuali akibat kelalawar dan tikus). Oleh karena itulah saya berani membuat artikel ini, yang mengatakan bahwa pisang barlin, adalah pisang yang jarang terserang penyakit.


Bagusnya lagi, pisang ini mudah sekali tumbuh dan beradaptasi dengan berbagai tempat. Di tanah lembab ataupun tanah yang sedikit berkerikil, pisang barlin bisa tumbuh dengan baik. mungkin, di tempat kurang subur akan berpengaruh terhadap buahnya. Namun itu tidak banyak perbedaanya.


Bagi Anda yang suka membudidayakan pisang, cobalah menanam pisang barlin di ladang Anda. Itu agar Anda yakin atas apa yang saya katakan bahwa pisang barlin ini jarang terserang hama.


Namun pisang barlin juga memiliki kekurangan. Pertama adalah buahnya yang kecil-kecil, sehingga harga jualnya pun murah. Kedua, pisang kecil ini hanya untuk dimakan begitu saja tanpa dilakukan pengolahan. Sebab, pisang ini memiliki tekstur yang mudah lembek sehingga tidak terlalu enak jika digoreng, direbus, dibuat kolak atau dijadikan makanan lainnya.


Meskipun demikian, Anda mesti ingat bahwa kelebihannya bakal menguntungkan bagi Anda. Dengan jarangnya terkena hama, serta cepatnya beranak pinak maka penghasilan barlin pun akan semakin besar Anda dapatkan.


Jadi bagaimana? Sudah siap menanam pisang barlin? Saya harap Anda segera melakukannya agar Anda cepat mendapatkan hasilnya.

Demikian tulisan saya tentang pisang barlin, semoga bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa baca juga "mengenal pisang monyet atau pisang hutan". Terima kasih...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pisang Barlin Sangat Jarang Terserang Hama/penyakit"

Post a Comment

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan)