Buah Ceplukan, Buah Liar Yang Manis Rasanya

Hai sahabat petani, Jika Anda tinggal di Desa dan di wilayah pertanian, pasti Anda telah mengetahui buah ceplukan. Buah ceplukan ini adalah buah yang tumbuh liar di semak-semak, atau bercampur rumput-rumput liar lainnya. Entah apa nama latinnya, yang jelas dalam bahasa jawa ceplukan namanya.


Dulu waktu kecil, buah ini adalah favorit saya dan teman-teman. Saat bermain, memancing, berburu burung dan mandi-mandi di sungai, maka buah ceplukan pun bisa dijadikan makanan alternatif saat kami jauh dari rumah.

Jika Anda belum pernah mencobanya, saya yakin Anda akan langsung menyukainya saat pertama mencicipinya. Sebab buah ceplukan memiliki rasa yang manis dan berbeda dengan buah-buah lainnya.

Pohon buah ceplukan juga berbeda dengan pohon-pohon lainnya. Tidak seperti rumput, tidak juga seperti kayu. Warnanya putih kehijauan, mudah patah, tinggi hanya kurang lbih 1 meter, yang jelas hampir tidak ada tumbuhan yang menyamainya.

Untuk buahnya, ceplukan terbungkus rapi oleh kulit pembungkus yang terlihat cantik.


Nah, untuk memakannya, kita harus membuka kulit pembungkusnya terlebih dahulu. Dan yang dimakan adalah, buah berbentuk bulat berwarna kuning (jika matang), yang berukuran sebesar ujung kelingking jari orang dewasa di dalam pembungkus tadi. Lihat gambar di bawah ini.


Setelah dikupas, Anda bisa langsung memakannya. Anda tidak perlu khawatir terhadap bijinya. Sebab buah unik ini memiliki biji yang sangat kecil-kecil yang tentunya aman untuk dikonsumsi. Lihatlah buah ceplukan yang telah saya kupas dan saya kumpulkan.


Terlihat menggemaskan bukan? Makanya tak heran, banyak yang ingin mencobanya saat pertama melihatnya. Apa lagi jika telah mencobanya, pasti bawaannya ingin nambah terus.

Bagi Anda yang suka berpetualang di kebun-kebun atau di hutan, maka jika menemukan buah ceplukan, Anda bisa menjadikannya cemilan untuk mengisi kekosongan perut Anda. Buah ceplukan banyak tumbuh di Indonesia. Dan Anda jangan khawatir. Buah ceplukan tidak beracun kok. Sebab banyak yang telah memakannya, termasuk saya sendiri.

Waduh, sangat disayangkan sekali, mungkin cukup sekian tulisan tentang buah ceplukan, buah liar yang manis rasanya, Mudah-mudahan bermanfaat bagi Anda. Terima kasih..

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Buah Ceplukan, Buah Liar Yang Manis Rasanya"

  1. Jadi ingat waktu kecil..,sering makan buah ini klo lagi ke kebun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @nina pratiwi: iya nih bukk saya juga sering makan buah ini.. manis n gratis he heh e..

      Delete

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan)